Mengenal Jenis-Jenis Tali Kernmantel

Tali kernmantel adalah tali yang di desain untuk keperluan aktifitas outdoor atau bisa juga untuk keperluan rescue. Struktur dari tali kernmantel sendiri ada 2, yang pertama adalah bagian ini yang terbbuat dari serat-serat nilon, dan yang kedua sesuao dengan namanya adalah bagian mantel atau bagian luar yang melindungi serat ini.

Tali kernmantel ini memiliki banyak fungsi, yang paling sering digunakan adalah untuk kegiatan outdoor seperti : panjat tebing (climbing). Rappeliling, caving gua vertikal. Selain kegiatan outdoor, kegiatan rescue atau penyelamatan juga sering menggunakan tali ini seperti penyelamatan di sumur.
Dari sekian banyak fungsi tentu tali kernmantel di buat berbagai jenis untuk menyesuaikan kegunaannya. Tali kernmantel ada 3 jenis, diantaranya :

1. Tali Kernmantel Statis
Tali jenis ini memiliki kelenturan atau daya renggang sekitar 15%. Melihat kelenturan tali ini cukup rendah, untuk itu tali ini biasanya digunakan untuk kegiatan rappeling dan caving gua vertikal. Ciri dari tali kernmantel status ini adalah warnanya biasanya puitih/polos dengan sedikit corak tujuannya agar terlihat apabila digunakan saart caving gua yang gelap, yang kedua tali ini apabila di pegang dan di tekuk cukup kaku apalagi jika kondisinya masih baru.

2. Tali kernmantel Dinamis

Tali ini mempunyai daya renggang antara 25-30%, kelenturan tali jenis ini lebih tinggi dibandingkan dengan kernmantel jenis statis. Karena kelenturannya tinggi maka kemungkinan pemantulannya juga tinggi, untuk itu tali jenis ini biasanya dimanfaatkan untuk kegiatan climbing atau rock climbing dengan tujuan jika pemanjat jatuh maka pemanjat tidak langsung terhentak. Ciri dari kernmantel statis adalah yang pertama biasanya warnaya mencolok & terang seperti merah terang, biru dan ungu. Yang kedua jika dipegang dan ditekuk terasa lemas/ tidak sekaku kernmantel statis.

3. Tali Kernmantel Semi Statis

Tali ini mempunyai daya renggang diantara tali statis dan dinamis. Tali ini biasanya digunakan untuk kegiatan rescue. Alasan digunakan untuk kegiatan rescue adalah tali ini memiliki masing-masing sifat dari kernmantel statis dan dinamis.


Itulah penjelasan mengenai jenis-jenis tali kernmantel. Silahkan anda berkunjung ke web ini sesering mungkin agar lebih banyak tahu tentang Materi Pecinta Alam. Terimakasih, semoga bermanfaat