Adat Istiadat Suku Sunda Dan Kebudayaannya

PecintaAlam-Suku sunda merupakan suatu suku etnis yang berasal dari bagian barat pulau jawa, indonesia. Dari Ujung Kulon yang berada di ujung barat pulau jawa sampai bagian jawa bagian tengah. Suku bangsa yang ada di Indonesia terdapat di provinsi ini. 65% penduduk Jawa Barat adalah Suku Sunda yang merupakan penduduk asli Provinsi ini, suku lainnya adalah suku jawa yang banyak dijumpai di daerah bagian utara jawa barat.

Kebudayaan Sunda merupakan salah satu kebudayaan yang menjadi sumber kekayaan bangsa Indonesia yang dalam perkembangannya perlu dilestarikan. Maka dari itu Pecinta-Alam akan mendeskripsikan kebudayaan tersebut :

1. Sistem Kepercayaan
Pada dasarnya seluruh kehidupan masyarakat sunda ditujukan untuk memelihara keseimbangan alam semesta. Keseimbangan sosial dipertahankan dengan kegatan saling memberi dan gotong royong (bekerjsama). Hal yang paling menarik dalam kepercayaan Sunda, adalah cerita Lutung Kasarung. Salah satu tokoh kebudayaan mereka, yang percaya adanya Allah yang tunggal yang menitiskan sebagian kecil dirinya ke dalam dunia untuk memelihara kehidupan manusia. Dan ini mungkin bisa menjadi jembatan untuk mengkomunikasikan kabar baik kepada mereka.

2.Mata Pencaharian
Suku Sunda pada umumnya hidup dengan bercocok tanam (bertani). Kebanyakan tidak suka merantau atau hidup berpisah dengan orang-orang sekerabatnya, maka dari itu mereka semua hidup bersama-sama terus menerus sampai seterusnya. Tetapi sebagian kecil ada juga yang pergi merantau ke kota besar untuk urusan kerja atau lain sebagainya.  Bahkan tak jarang mengajak sanak saudaranya bersama-sama tinggal di kota tempat tujuannya merantau tersebut.

3. Kesenian
Sisingaan adalah suatu jenis kesenian tradisional atau seni pertunjukan rakyat yang di lakukan dengan arak-arakan dama bentuk hajaan. Pertunjukannya biasanya ditampilkan pada acara khitanan atau acara-acara khusus seperti, menyambut tamu kehormatan, hidburan peresmian, kegiatan HUT Kemerdekaan RI dan kegiatan-kegiatan hari-hari besar lainnya.

Dan tarian tradisional suku sunda adalah jaipongan, tari jaipongan biasanya di adakan pada acara-acara pernikahan atau acar besar yang di adakan oleh pemerintah. Tarian ini sangat di sukai oleh masyaraka Sunda terutama kaum pria dewasa.


Itulah ulasan kecil mengenai Adat Istiadat Dan Kebudayaan Suku Sunda, semoga anda lebih mengenal budaya-budaya yang ada di tanah air tercinta ini. Silahkan sering berkunjung ke web ini. Karena anda akan semakin tahu tentang Indonesia. :*